Rabu, 06 April 2011

Pondok Hijau

DARUL IMAN BERSAHABAT DENGAN ALAM

 
Lokasi Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman (PPTDI) yang berada di alam pedesaan berudara segar, adalah berkah tersendiri bagi para santri. Kami mensyukuri ini sebagai suatu potensi yang amat berharga.

Gedung-gedung pondok, mengelilingi lapangan luas nan hijau, diselingi pepohonan yang rindang. Di lapangan ini, setiap usai Ashar para santri bermain bola. Kadang tak peduli hujan. Setiap Kamis siang, para santri berlatih Pramuka. Setiap Rabu sore, mereka berlatih bela diri. Dan di lapangan hijau ini pula, sesekali mereka babacakan, makan bersama sambil duduk lesehan.

Tak jarang pula, para ustad/ustadzah menggelar kegiatan belajarnya di lapangan ini, yakni di bawah rindangnya pepohonan. Para santri duduk melingkari guru, beralaskan rumput hijau yang menghampar. Hijaunya rumput nampak kontras dengan seragam santri yang putih-putih.

Indahnya alam pedesaan, kami jadikan salah satu instrumen pendukung keberhasilan dan kenyamanan pembelajaran.

Setiap Jumat usai Subuh, para santri melakukan Cross Country, berlari pagi menelusuri jalan desa, menembus perkampungan dan di sela-sela pesawahan. Biarkanlah mereka mengenal masyarakat sekitar pondok. Dengan berjalan melewati pesawahan, menyeberangi sungai atau sesekali menembus hutan, kita harapkan para santri semakin bersahabat dengan alam.

Banyak wali santri dari kota yang mengaku senang anaknya belajar di alam desa seperti di Darul Iman. Putera-puteri yang dulu dilahirkan dan dibesarkan di tengah hiruk pikuk metropolitan, kini melewatkan masa remajanya dengan belajar agama, di tengah alam desa yang berudara sejuk, jauh dari polusi dan kebisingan. 

Salam dari Darul Iman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar