Jumat, 27 April 2012

Ramadhan & Agustus 2011

Gebyar Ramadhan di Darul Iman
Berpuasa bukanlah alasan untuk bersantai.  Momentum Ramadhan justru kesempatan untuk meraih sukses.
Berangkat dari prinsip ini, Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman menggelar sejumlah kegiatan selama bulan suci ini. Selain Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang rutin setiap hari dan kegiatan tarawih berjamaah di masjid, terdapat pula program Tahfidz Alquran bagi para santri yang dilaksanakan setiap usai Subuh. Para santri tingkat MTs menghafal juz ‘Amma, sedangkan para santri MA menghafal juz 1 dan 2.

Setiap bakda Dzuhur dan Ashar ada program Tadarus Alquran.  Khusus santri Aliyah, setiap sore dan bakda Tarawih, ada kegiatan pengajian kitab kuning, masing-masing Bidayatul Hidayah yang diasuh oleh Ust Ahmad Haetami, dan kitab Fathul Qorib, oleh Ust Dede Ahamd Permana.  

Ramadhan dan Agustusan
Peringatan HUT RI yang insya Allah berbarengan dengan Nuzulul Quran (17 Ramadhan), juga menjadi momen spesial bagi Organisasi Santri Darul Iman (OSDI). Ada 4 kegiatan penting yang digelar menjelang Agustusan ini, yang kesemuanya dikemas dalam rangakian acara bertajuk “Gebyar Ramadhan 1432 H”. Keempat program itu adalah sebagai berikut :

Program Pertama, Perlombaan Kemerdekaan, Kamis-Sabtu, 11-13 Agustus 2011. Isinya adalah Lomba Drama bertema Kemerdekaan, Lomba Paduan Suara Lagu Nasional, serta pertandingan beberapa cabang olah raga.
Pada perlombaan drama yang baru saja berlalu, para santri menampilkan beragam kreatifitas yang sangat variatif dan inovatif. Ada drama berjudul “Detik-detik Proklamasi”, “Mengusir Penjajah Jepang”, dan lain-lain. Semua penampilan menyiratkan pesan yang sama ; berusaha mensyukuri nikmat kemerdekaan.

Program Kedua, Upacara HUT RI ke-66, Rabu 17 Agustus 2011. Guna memantapkan tim Paskibra Santri dalam hal Tata Upacara dan baris Berbaris, pihak pondok mengundang pelatih Paskibra dari unsur militer, yakni dari Koramil Kec. Banjar. 

Program Ketiga, Kuliah Ramadhan, setiap sore Rabu-Jumat, 17-19 Agustus 2011. Tempatnya bukan di aula, melainkan di Saung Darul Iman (SAUDI) yang baru saja tuntas pembangunannya. SAUDI adalah sebuah saung antik seluas 40 meter per segi, terbuat dari bambu hitam dengan ukiran tradisional yang artistik. Lokasinya di pinggir lapangan hijau.
Program Keempat, Peringatan Hari Besar Islam Nuzulul Quran, sekaligus Amanat Pengasuh menjelang perpulangan liburan, Sabtu 20 Agustus 2011, di Aula Babussalam.

Nasionalisme Santri
Menurut Ust Dede Ahmad Permana - Pembina OSDI yang bertanggungjawab atas kegiatan-kegiatan santri – pemilihan tema-tema kemerdekaan sangat penting dalam rangka memupuk dan menumbuhkan semangat nasionalisme para santri. Agar para santri belajar menghargai nikmat kemerdekaan. Pada gilirannya nanti, mereka bangga menjadi bangsa Indonesia. “Agama Islam sendiri mengajarkan Hubbul Wathan Minal Iman, Cinta tanah air dan bangsa adalah bagian dari keimanan”, tuturnya.

Salam Ramadhan dari Darul Iman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar