Jumat, 27 April 2012

UKS Darul Iman

UKS Darul Iman, Menuju Pesantren Sehat

 Tim Medis dari Puskesmas Kec Banjar selaku Pembina UKS/PMR Darul Iman

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Nopember 2011 adalah bulan istimewa bagi Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman. Sebuah program yang diimpikan para santri sejak lama, yakni Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Darul Iman, "lahir" pada bulan ini.

Proses pembentukan UKS Darul Iman terhitung cepat. Digagas, didiskusikan dan dirumuskan sejak awal Oktober. Pada hari JUmat 28 Oktober 2011 dan 11 Nopember 2011, diadakan musyawarah dengan unsur Puskesmas Kec Banjar, selaku mitra utama Program UKS.  Beberapa persiapan kemudian dilakukan, dan Alhamdulillah, Rabu, 16 Nopember 2011 lalu, UKS Darul Iman resmi dibuka. Sejumlah pejabat lokal hadir ke Darul Iman, di antaranya dr Kodiat Juarsa (Kasi Kesehatan Remaja Dinkes Pandeglang), dr.Ika Marliah, M.Si (Kepala Puskesmas Banjar), Kepala UPT Dinas Pendidikan Kec Banjar, Kades Kadulimus, serta sejumlah tenaga medis. Tim Pelaksana UKS Darul Iman pun dikukuhkan, berbekal SK Direktur Pondok Pesantren Terpadu Darul Iman, No 02/SK/YPPTDI/XI/2011.

Untuk sementara ini, Program utama UKS Darul Iman terkonsentrasi pada tiga hal yang merupakan Trias UKS, yakni Pelayanan Kesehatan, Pendidikan Kesehatan, dan Penciptaan Lingkungan Sehat. Program Pelayanan Kesehatan diwujudkan dengan pemeriksaan kesehatan santri setiap hari Selasa. Alhamdulillah, hingga catatan ini ditulis, sudah dua Selasa kami lalui dengan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Selasa 8 Nop lalu untuk kelas 1 dan 2 MTs, sedangkan Selasa 22 Nop yang baru berlalu adalah untuk kelas 3 MTs.

Program Pendidikan Kesehatan diwujudkan melalui pembentukan Kader Kesehatan Remaja (KKR), sebanyak 35 santri Aliyah. Mereka setiap hari Jumat pagi mendapat pelatihan tentang dasar-dasar ilmu kesehatan dari tim medis Puskesmas Banjar. Program ini pun sudah dimulai sejak Jumat 18 Nop 2011 lalu.

Masih terkait dengan program Pendidikan Ksehatan ini pula, Alhamdulillah 3 (tiga) orang kader UKS kami, mendapat kepercayaan mewakili Kab Pandeglang pada acara Pelatihan Kader Kesehatan Remaja, yang diselenggarakan oleh DInkes prop Banten, 21-25 Nop 2011 ini di Kota Serang. Harapan kami, semoga sekembalinya dari acara itu, ketiganya dapat menjadi "nutrisi" baru bagi UKS Darul Iman.

Program Ketiga adalah Penciptaan Lingkungan Sehat. Program ini diwujudkan dengan kegiatan Jumat Bersih, Anugerah Kamar Terbersih, Anugerah Lemari Terapih, serta Pembuatan Taman Sekolah. Taman ini rencananya akan dibangun di halaman gedung baru, di tepi lapangan hijau. 

Melalui program UKS Darul Iman, kami bermaksud mewujudkan visi Santri Sehat Pesantren Sehat. Mohon dukungannya juga dari pembaca semua. Salam dari Darul Iman.

Darul Iman, 22 Nopember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar